News Update :

ADSENSE SIMPLIFIED

November 14, 2009


Selamat dan Salam buat teman-teman,
Kali ini saya ingin bercerita pengalaman peribadi tentang Adsense, rasanya saya tidak perlu perkenalkan apa itu Adsense, kerana semua teman-teman disini sudah tahu. Malah ada  yang sangat pakar. Apa yang akan saya tulis bukanlah tips atau trik, cuma sekadar satu pengalaman. Untuk menulis tips dan trik Adsense, saya bukanlah ahlinya. lagipun teman-teman yang lain sudah banyak yang menulis tentang hal ini.

Saya tertarik untuk menulis pengalaman peribadi tentang Adsense, sebab Adsense adalah sumber penghasilan atau bisnes online yang kita semua boleh mulakan tanpa perlukan modal. Cuma harus mematuhi terma dan syarat yang di update oleh pihak Google (Adsense Team).

Syarat yang melayakkan blog/web kita diterima sebagai publisher Adsense amatlah mudah. Meskipun ada juga tips Adsense yang ditulis oleh para blogger kita berbeda dengan pengalaman saya. Mungkin itu pengalaman mereka dan sebaiknya kita membaca tips yang disediakan sendiri oleh Google. Jangan sesekali berputus asa jika permohonan tidak berjaya, sebaliknya kita masih boleh memohon mengunakan URL dan alamat Email/account yang sama. Cuma siapkan setidaknya 3 artikel English dihalaman depan blog kita dan submit sekali lagi permohonan tersebut. Biarkan saja blog kita dalam keadaan begitu sehingga mendapat keputusan dari Google, paling lama adalah 3 hari. Silakan mencuba dan pasti berhasil…

Sewaktu saya mengajukan permohonan sebagai publisher Adsense, Blog ini (SANTAI SEJENAK) cuma  ada 4 artikel; 3 bahasa English dan 1 bahasa Melayu. Waktu itu blog ini baru berusia 3 minggu. Setelah 2 hari saya menunggu jawaban dengan perasaan sentimental, akhirnya permohonan tersebut diluluskan oleh Google.
Untuk melanjutkan cerita, supaya teman-teman yang lain juga boleh melihat betapa Adsense sangat mudah untuk kita semua.

Meskipun saya memohon dan yang diluluskan adalah URL Santai Sejenak, tapi disebabkan blog Santai Sejenak tidak menggunakan artikel English dan pastinya menyalahi peraturan Google. Makanya saya buat blog baru untuk menempatkan iklan Adsense, blog demi blog saya buat dan sampai saat ini sudah lebih 20 blog terhasil untuk menempatkan iklan Adsense. Mengapa tidak, untuk membuat satu blog saya cuma mengambil masa 1 jam. Pasti ada teman-teman yang boleh buat dalam hitungan minit, itu sangat logika.
Setiap blog Adsense, saya menggunakan artikel English. Banyak pihak tertanya hal ini, bagaimana untuk menulis diblog sebanyak itu? dan Satu lagi, Bagaimana jika kita tidak mampu menulis dalam bahasa Inggris? (sama seperti saya). 

Dapatkan artikel English
Ezine article, Goarticle dan banyak lagi penyedia artikel bebas yang boleh kita ‘copas’  dengan syarat kita hendaklah memasang/menampilkan link penulis asal setiap kali kita menggunakan artikel mereka. Di Ezine article kita diperbolehkan mengambil/ menggunakan artikel tersebut sehingga 250 judul.
Hal ini tidak menyalahi peraturan Google selama link penulis asal terpasang diblog tersebut dengan aman dan sejahtera.

Jumlah artikel untuk blog saya (Adsense).
Untuk proses permohonan, syarat Adsense cuma mahukan 3 artikel English dan sebaiknya lebih banyak. Tapi bagi yang sudah memiliki Account Adsense dan bertujuan untuk menambah seberapa banyak blog, terserah pada kita berapa artikel kita mahu dan itu nanti ada pengaruh pada search engine. Kerana makin banyak artikel menarik, makin mantaplah posisinya di search engine.

Ada juga blog yang tidak pernah saya update atau promosikan, sebab malas nak cari gambar. Maka saya biarkan saja dengan cuma satu posting sampai hari ini. nampaknya iklan Adsense tetap terpapar dengan segar  dan ada juga pengunjung yang datang.  Jika ingin lihat buktinya sila klik di SINI.

Setiap kali saya buat blog baru, saya cuma siapkan 3 atau 4 artikel English dan update cuma 2 kali  dalam 1 minggu. (kadang-kadang saya tak update selama 2 minggu sebab kesibukan lain). Bukanlah sulit untuk menambah dan terus menambah jumlah blog . Kita memang dianjurkan untuk memiliki setidaknya 15 URL untuk Adsense dengan artikel dan tema yang harus berbeda. Perlu diingatkan juga, saya menggunakan 3 rangkaian alamat email untuk membuat lebih 20 blog, dengan hanya satu account Adsense. Kita memang tidak perlu mendaftar lebih dari satu account Adsense, karna Google cuma akan membayar kepada 1 nama untuk 1 account sahaja. Jika terdapat 1 nama yang memiliki 2 account Adsense, proses pembayaran akan terbatal dengan sendirinya. Itu kata Google…

Cara saya promosikan blog Adsense
Ini segment yang paling penting, saya tidak pernah promosikan blog Adsense melalui blogwalking atau yang seumpamanya. Malah blog saya tidak ada shoutmix atau message box, kerana elemen itu memang tidak disenangi oleh Google. Lagipun memang mustahil untuk gendong lebih 20 blog kesana sini.
Semua blog atau link tersebut saya submit/add  ke berbagai search engine termasuk Google dan ‘Free’ Autosurf sebagai langkah promosi. Saya sering membaca dan memastikan agar strategi tersebut tidak menyalahi ketetapan Google. Melalui informasi yang saya baca, Autosurf yang berbayar biasanya menyalahi peraturan Google. Makanya saya hati-hati agar tidak di banned.
Para pakar Adsense atau Master sering menyarankan kita membeli ‘keyword’, dan itulah bisnes mereka. Tapi strategi  yang saya gunakan disini memang tidak perlu bayar apa-apa, sekadar mengambil kesempatan dari peluang yang ada.

Vinefire
Setiap kunjugan adalah duit, Vinefire adalah satu cara paling mujarab dan hasilnya boleh terlihat dalam waktu yang singkat. Saya tidak mahu persoal Vinefire sebagai scam, karna tidak ada bukti untuk membahaskan hal itu. Jika kita tidak skeptical, disini juga ada kesempatan untuk blog kita dikunjungi dan mungkin juga iklan akan di klik.
Setiap pagi saya add semua link blog Adsense di Vinefire. Saya juga boleh menukar ‘keyword’ berdasarkan judul artikel terkini yang ditampilkan. Menjelang malam saya akan check semua link tersebut di Vinefire dan add sekali lagi jika ada link yang sudah terkeluar dari senarai vote. Biasanya jumlah kunjungan ke link-link ini lebih banyak dari kunjungan yang ada di Santai Sejenak. Sedangkan di Santai Sejenak saya perlu blogwalking jika mengharap kunjungan seperti itu. Ini juga punca yang menyebabkan blog Adsense saya bertambah banyak dan saya bertambah semangat. (tamak).
Sejujurnya jumlah kunjungan tidak akan sama setiap hari, yang penting terus bekerja keras dan terus belajar mengoptimasi dengan teknik yang betul.

HASILNYA…
Kita sering terbaca judul-judul seperti; TIPS AMPUH  ADSENSE, TIPS MENDAPATKAN $100 SEHARI DARI ADSENSE, CARA MUDAH HASILKAN $200 DARI ADSENSE, TIPS DAPATKAN $3000 SEBULAN DARI ADSENSE dan bermacam lagi. Saya pernah juga tergoda dan bertanya, namun yang saya dapat bukan jawaban tapi ‘persoalan’ . akhirnya berujung dengan saran agar saya membeli e-book atau produk seminar mereka dengan bayaran tertentu. Jelaslah itu sekadar tips yang ‘tricky’.

Apa yang saya mahu ceritakan disini adalah pengalaman peribadi dengan menggunakan teknik mudah, kerja keras dan sedikit waktu.Tidak lumayan tapi tetap berhasil, Meskipun dengan memaparkan iklan Adsense di lebih 20 blog, hingga hari ini penghasilan saya tidak pernah mencapai $20 perhari . Paling tinggi cuma $18.26 sehari, dan yang paling sedikit sejak 2 bulan ini adalah $7.02 satu hari. Satu bulan saya dapat setidaknya $350. Bagaimana, Apakah saya rugi? Pasti tidak, makanya saya berbagi pengalaman ini agar kita sama-sama boleh memberi input yang baik dan menikmati penghasilan dari Adsense dengan cara yang tidak menyalahi peraturan Google. Teman-teman yang mengerti tentang SEO pastinya lebih mudah untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik.


saudara saya Kel @ Pengumpul Blog setiap hari sering bertanya; buat berapa blog hari ini? seolah kegemaran kami sudah bertukar menjadi membuat blog Adsense. Dia juga sedang aktif sekali dengan penghasilannya, dan blog demi blog dia wujudkan.

kalau malam minggu begini saya memang jarang tidur, sebab sampai pagi saya buat beberapa blog Adsense baru dan update blog yang lama.. Satu cara untuk kekalkan penghasilan, kita harus tambah jumlah blog , optimasikan penempatan iklan Adsense dan update artikel sewajarnya.

*Artikel ini bukanlah tips Adsense, dan tidak bertujuan 'riak'. cuma untuk Santai Sejenak bersama teman-teman blogger.


Terima kasih, semoga berhasil.


Share this Article on :

46 comments:

asepblog'z said...

nice post
artikelnya GA nya sangat membantu pemula
thks infonya

Buaya Darat said...

there is no short-cut to be a successful money maker on the internet world. i do believed when it comes to adsense we need not one blog to generates money but more than that. i heard from those who are successful in this business usually have more than 50 blogs. thanks for sharing your knowledge with bloggers.

al-basri said...

asepblog'z,
Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.


Buaya Darat,
Thank you for your informative 'input'.

ekosulistio said...

terimakasih atas artikelnya.. saya masih pemula di bisnis adsense ini

waroengdollar said...

trims infonya, dapat masukan lagi di blog ini

multyone said...

wah jadi semangat nih mau daftar adsense

Aryo Halim said...

saya pernah coba2 daftar google adsense, eh gak diterima..hehehhe..ya sudah deh jadi malas lagi tuh

sulastiono said...

pengalaman yang boleh dicontoh, salam kenal dari saya.

intermezo said...

he3x... mantap artikelnya... jadi dapat masukan lagi nih, you are the best brother :)

al-basri said...

ekosulistio,
terima kasih, semoga terus optimasi dan semangat.


waroengdollar,
terima kasih kunjungan dan komentarnya.
semoga sukses...


multyone,
semoga berhasil sobat dan saling berbagi.
terima kasih.


Aryo Halim,
jika suatu hari rasa ingin coba, boleh daftar lagi sob. semoga berhasil.
terima kasih.


sulastiono,
Salam kenal dan salam persahabatan dari saya.
terima kasih atas masukan dan kunjungan. semoga sukses.


intermezo,
sekadar satu pengalaman sob, semoga bisa dimanfaat.... Adsense terbuka buat kita semua, daftar aja..
terima kasih dan semoga berhasil ya.

Mengembalikan Jati Diri Bangsa said...

makasih infonya, sangat membantu bagi sy yg pemula

blog buat bloggers said...

makasih banyak ilmu dan pengetahuannya sobat, saya sudah baca tuntas artikel sobat, sangat informatif sekali sobat,

nice info!!!!

al-basri said...

Mengembalikan Jati Diri Bangsa,

Saya juga masih pemula sob, moga kita saling mebantu dan sukses.
terima kasih

rumah blogger said...

selamat mas ya, diam-diam ternyata udah berhasil nich. saya kemarin udah 2x daftar di GA, tapi selalu ditolak. maunya sih bikin artikel yg berbahasa inggris tapi blog saya sangat pribumi jadi kasihan sobat kalo berkunjung disuguhi artikel bahasa inggris.

cara mas itu akan saya coba, dengan membuat beberapa blog berbahasa inggris, kemudian baru daftarkan. kalo diterima iklannya bisa disebarkan kemana-mana..thanx berat atas ilmunya yaa..

kalo saya kurang ngerti nanti minta pencerahannya mas yaa??

sabirinnet said...

benar-benar pengalaman yg hebat dan menjadikan rekomendasi buat sobat lainnya terutama saya pribadi. jarang lho mas orang mau mengungkap rahasia keberhasilan mereka. terima sekali nich, kalo kurang ngerti bisa tanya kan?? heheheee

al-basri said...

blog buat bloggers,
Saya juga harus berterima kasih, blog sobat adalah satu-satunya tempat saya banyak membaca tentang info untuk blogger. Saya memang masih baru dalam dunia blogger

rasanya kalau sobat buat Adsense pasti lebih sukses sebab sobat lebih peka tentang prinsip SEO dan keyword. inilah kelemahan saya sob...

terima kasih atas masukannya, salam sukses

al-basri said...

rumah blogger,
Silakan sob, kalau sudah lulus terserah berapa banyak blog kita mampu buat...
sebab kita memang diperboleh dan dianjurkan untuk 'paste' code adsense dimana-mana, atau di seberapa banyak blog selama tidak menyalahi hukum hakam google.

yang penting kita bersabar, kerja keras dan perlukan waktu untuk berhasil. saya mulakan adsense dengan penghasilan cuma $0.02 per hari, itu pun dari pageview. tiada siapa mahu click... hiks

terima kasih komentarnya, semoga bisa saling berbagi dan sukses.

al-basri said...

sabirinnet,
Sobat, mulanya saya pikir malu mahu menulis hal ini, kerana orang lain biasanya cerita tentang penghasilan $200 per hari tapi saya tidak sampai pun $20 perhari..hehe

Disebab cara penghasilan saya 'logik' dan tidak ada 'trik', maka saya menulis pengalaman ini agar teman-teman juga bisa pikirkan. mungkin suatu hari akan lebih baik dari saya...

saya senang jika bisa membantu dan berbagi
terima kasih sobat.

jhonson blog said...

memang adsense menjadi daya tarik tersendiri dari sekian banyak program ppc.jika melalui shoutmix google tidak suka,saya pikir tidak ada cara yg lebih ampuh lagi selain membeli keyword,tentunya dlm hal ini kita beli di google adword :).

bagi adsense mania..seo tool memang sangat memegang peranan.malah sekarang ada semacam istilah keyword yg membayar mahal jika di klik,seperti keyword "loan,finance,dan lain lain"...hehehehe :),benar atau tidaknya saya tak tahu.informasi ini bro bisa search di google :)

kalau soal membeli e-book cara sukses adsense,bal..bal..bla..bla... saya pikir itu tidak perlu,dalam hal ini saya sependapat dengan brother basri :).e-book nya lebih banyak mengecewakan kita :)

blog ku juga ada adsensenya...taapi pendapatan belom sampe $50..hiks hiks sedih bro hehehehehh :).

tapi se tahu saya kita sebagai publisher dari asia biasanya akan mendapat pendapatan yg lebih kecil karena traffic kita pasti lebih banyak dari asia juga :),dikarenakan pay per click untuk benua asia dibayar kecil oleh pemasang iklan, biasanya click dari US,CANADA,UK dan benua eropa yg dibayar mahal :)

good posting..i like it,wish you always success :)

al-basri said...

jhonson blog,
masukan ini yang saya tunggu...
Benar sob, saya dulu pernah bertanya "keyword" rupanya harga pun sangat '$$' dan yang menarik "keyword" itu ada banyak pilihan untuk dibeli. tapi, hiks... tak mampu..

e-book,seminar dan yang muluk-muluk ternyata "trick" sahaja. sebab itu saya cuma gunakan prinsip mathematic dengan memperbanyakkan blog.

saya ada membaca beberapa forum di internet tentang PPC Adsense. publisher di negara barat seperti Amerika dan dll. PPC Adsense mereka bernilai $1.++ per click dan $0.10 per 1 pageview.
sedangkan kita, khususnya di Asia pacific cuma $0.++ per click dan $2 per 1000 pageview. jauhnya...

seorang teman saya di Vietnam sudah mencapai penghasilkan $60.++ per hari dari Adsense dan tanpa membeli keyword. entah bagaimana, saya belum jelas caranya. jangan saja cara yang menyalahi TOC Google, sebab banyak yang sukses dan setelah 2 tahun google banned nama mereka tanpa sebarang warning...

terima kasih setingginya, saya juga masih cari-cari sumber untuk untuk memantapkan penghasilan. semoga kita sama-sama sukses dan saling berbagi 'input'.

khusnul said...

KAk Basri...
saya sudah ada account GA tapi terhenti pada pengiriman kode PIN.

Jadi saya masih sedih karena PIN sudah terkirim dua kali tapi belum pernah sampai ke tangan.

Apakah ada solusi mengenai kode PIN?
Apakah kak Basri sudah menerima kode PIN dengan lancar?
Jika kak basri menjawab please kasih tahu aku di shoutmixku.
Terima kasih kak.

al-basri said...

Khusnul,
meskipun PIN belum sampai adsense adik tetap aktif dan setiap 'valid' click tetap akan dibayar oleh google.(tapi ada batas waktunya).

silakan edit alamat surat di account adik dan memohon PIN sekali lagi, atau... maklumkan masalah pada google melalui email. sebaiknya alamat surat harus tempat yang mudah di akses oleh pihak pos Indonesia.

usah bersedih dik, masalah itu memang sering terjadi pada publisher dikawasan kita. mantapkan saja penghasilannya...

terima kasih, semoga sukses dan terus semangat.

Rock said...

Makasih sob, Link "SANTAI SEJENAK" langsung aku pindah di "TEMAN UPEX". Salam kenal...

NumB3R said...

hoho. . mantap sobat tipsnya :)
walaupun membutuhkan kesabaran dan kerja kers, tapi toh akhirnya dapat membuahkan hasil juga.

ya kan sob? :)

pengumpulblog said...

salam Al-basri...
Hik...malu saya, nama saya disebut-sebut. Terima kasih kerna sudi berkongsi pengalaman dari Al-basri. Semoga anda terus sukses dan sukses dengan blog anda(Adsense)

Seri Bahasa said...

sekarang ni seri sedang coba bina berapa blog, kalau sudah stabil baru masuk coba nasib.

lina@happy family said...

Sobat Alan, terima kasih sekali berbagi info seperti ini. Saya belum pernah mencoba, karena ada keraguan apa bisa saya mengelola blog sebanyak itu? Tapi mengapa tidak saya coba dulu ya... Salam sukses!

SHN said...

info nya bermanfaat banget nih...

Rizky2009 said...

lalau aq g bisa bahasa inggris sob.... jadi ya g berfikir dapat uang dr paman google.....

al-basri said...

Rock,
link sobat juga sudah terpasang, terima kasih.

NumB3R,
memang itu kuncinya sob, kerja keras dan sabar. sobat pastinya lebih mengerti.
terima kasih.

Pengumpulblog,
sekarang ni nampaknya sobat tak kumpul blog, tapi dah jadi "Pembuatblog Adsense"... hehe
kita bergerak dan terus bergerak...
semoga kita sama-sama berhasil.

al-basri said...

Seri Bahasa,
berbanding Nuffnang, Adsense sebenarnya lebih mudah mendapat penghasilan. semoga Seri terus bergerak blog demi blog dan terus sukses...

terima kasih berkunjung ke Sarawak.

al-basri said...

lina@happy family,
mulanya saya pikir begitu juga, tapi bila sudah melihat hasilnya seperti gak sadar blog makin bertambah...

benar sobatku, mengapa tidak...
bukankah sudah terlihat jalannya.
terima kasih, semoga kita sama-sama sukses dan saling mendukung.

al-basri said...

SHN,
coba juga sob, terima kasih.

Rizky2009,
"pasti ada lebih dari satu jalan menuju keberhasilan".
terima kasih sobat

jOe said...

nice post sob..
trus semangat ya!!!

Find 300 or more chicken recipe in my blog said...

Tips Menarik untuk seorang newbi di google adsense .. memang Ga ini selalu jadi fenomena yang gak ada habisnya di bahas ...

alkatro said...

nice tips sobat.. saya pengin daftar tapi P.o nya 100dollar; jadi pikir-pikir kalo ga da yang bantuin ngeklik he he..

p/s: maaf; saya juga baru sempat komentar hari ini; selain lagi ada kerjaan; listrik tempat saya kalau malam hari sering disko.. keep spirit ya :)

a@@ said...

nice post... lengkap, anaa daftar adsense ditolak, venefire bayar g' ya? dibannerx anaa dah dpt 2000 dollar, yg bnr aja? bannerx jg dah anaa hapus

Inspirasi Pemuda said...

ndak sempet baca semua bos. tapi kalo masalah orang2 yang jualan ebook dengan judul yang terlelu gembar-gembor itu salahnya si pendahulunya. kan yang ngajari Gurunya...:)

Celebrities said...

sehubungan saya tidak dapat berbicara melalui shoutmixnya!?, saya tinggalkan comentnya saja, ceritanya menarik ya, semua itu berdasarkan pengalaman pribadi.. semoga menjadi sebuah pencerahan saja..

ivenx oyz said...

wuih ... artikel yang di cari2 ni ,,
makasih mas atas infonya ,..
moga makin sukses dan cring2 terus...

s'lam kenal ...

al-basri said...

jOe,
tetap semangat..terima kasih sobat.

Find 300 or more chicken recipe in my blog,
saya juga masih newbie sob, terima kasih.
terus maju.

al-basri said...

alkatro,
daftar aja, nanti saya tolong klik... hehe
terima kasih.

p/s; gak perlu ke discotique, hemat duit ya. hehe

al-basri said...

a@@,
soal vinefire saya gak pasti sob, yang pasti kita bisa promosi blog disana.
tapi saya ada baca di forum (america), mereka kata, vinefire akan bayar pada January 2010 dan bayaran akan diberi pada mereka yang aktif saja.
kita lihat aja ya...

coba daftar lagi adsense tu sob, semoga berhasil. terima kasih

al-basri said...

Inspirasi Pemuda,
benar sobat, terima kasih dan terus semangat.

al-basri said...

Celebrities,
gak apa2, tinggalkan saja pesannya dimana bisa...
sekedar berbagi pengalaman saudaraku.
terima kasih, terus semangat ya

al-basri said...

ivenx oyz,
salam kenal juga.
jika saya boleh, sobat juga boleh..
semoga kita saling berbagi dan sukses

Post a Comment

 

© Copyright al-basri 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.